Sunday 23 June 2013

Kelebihan Mesin Cetak Offset dan Mesin Digital Printing

Di dalam bisnis percetakan digital di jaman modren saat ini, pastinya terdapat banyak jenis-jenis mesin pembantu percetakan digital, untuk pengusaha besar dan menengah mesin yang dipakai untuk percetakan skala besar adalah mesin digital printing dan mesin cetak offset. Mesin-mesin ini dapat mencetak dalam skala besar dengan waktu yang cepat, jadi sangat cocok untuk usaha percetakan yang membutuhkan waktu cepat. Untuk harga mesin-mesin ini pastinya sangat mahal.
usaha percetakan digital
Nah..bagaimana kalau kita PEMULA yang ingin membuka usaha percetakan digital ini? Saran saya lebih baik memulainya dari yang kecil dahulu, misalnya kita membuka usaha percetakan ini dengan mesin standar saja, yaitu PRINTER. Mulailah dengan cetak skala kecil dahulu, setelah berkembang dan memiliki modal yang pas, barulah kita mencoba investasikan uang tersebut untuk membeli mesin digital printing atau mesin cetak offset. Untuk informasi printer yang cocok buat usaha percetakan digital, kamu bisa lihat dipage berikut Printer yang bagus buat percetakan

Nah..bagi kamu yang ingin MEMULAI usaha percetakan digital dengan MODAL kecil, kamu bisa lihat tulisan saya sebelumnya disini langkah2 memulai usaha percetakan digital dan tips memulai usaha digital printing dengan modal kecil

Lalu apakah perbedaan dari percetakan offset dengan digital printing? Oke, kita bahas satu-persatu.

1. Mengenal Cetak Offset

Apakah itu percetakan offset? CETAK OFFSET adalah adalah jenis pencetakan khusus untuk cetak dengan jumlah BESAR dalam waktu yang singkat. Biasanya mesin cetak offset digunakan untuk usaha percetakan dalam yang besar.

mesin cetak offset hamada
Dalam pencetakkan offset kita membutuhkan bantuan atau tambahan alat yaitu Film dan Plat cetak (almunium Plate) yang berfungsi sebagai media transfer gambar atau documen yang akan ditransfer ke permukaan media seperti kertas, plastik, kain spanduk, kaos dan media lainnya, dan gambar atau dukumen yang akan ditransfer ke media yang akan dicetak terlebih dahulu diisi dengan tinta dari roll mesin. Untuk contoh merk mesin cetak offset adalah Gestetner, Heidelberg dan Roland.

Untuk Kelebihan Mesin Cetak Offset antara lain adalah:
a. Untuk hasil cetak pada jauh lebih tahan lama dan tidak cepat pudar warnanya daripada menggunakan mesin digital printing.
b. Dengan menggunakan mesin ini kita dapat mencetak di kertas yang tipis seperti Buku Nota, HVS dan lainnya.
c. Untuk Harga cetak dalam jumlah yang banyak akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan mesin digital printing.
d. Kita juga dapat menggunakan tinta berwarna Emas dan Silver serta apabila kita mencetak dengan warna gradiasi Abu-abu maka hasilnya akan lebih akurat daripada menggunakan mesin digital printing.

2. Mengenal Mesin Digital Printing

Apakah itu mesin digital printing? untuk cetak menggunakan digital printing merupakan kebalikan dari proses mesin pencetakan offset, untuk pencetakan dengan Digital Printing ini kita tidak membutuhkan alat bantu tambahan seperti pelat dan film, untuk pencetakan dengan sistem Digital printing lebih murah daripada dengan sistem cetak offset apabila digunakan untuk cetka dalam jumlah yang sedikit. Untuk info lengkapnya tentang mengenal percetakkan digital printing, silahkan lihat page berikut disini tips memulai usaha digital printing dengan modal kecil

gambar mesin digital printingKeunggulan lainnya adalah untuk pencetakan dengan sistem digital printing ini kita dapat menelesaikan proses cetak dalam waktu terbilang sangat cepat daripada dengan menggunakan cara mencetak offset.

Untuk kelebihan mesin cetak digital printing yang lainnya adalah:
a. Untuk biaya produksi lebih murah daripada dengan cetak offset terutama untuk jumlah print yang sedikit.
b. Untuk waktu cetak yang dibutuhkan sangat singkat namun ini tergantung dari banyaknya jumlah cetakan yang di cetak.
c. Untuk desain grafik yang telah dibuat, kita bisa langsung mencetaknya sesuai dengan keinginan. Untuk kualitas hasil cetakannya tergantung dari desain yang kamu buat, kalau gambar yang akan dicetak buram hasilnya juga akan buram.

Tips: Jika kamu mempunyai budget yang kecil, kamu dapat memulainya dengan printer biasa, bila usaha tersebut telah berkembang, maka kamu dapat menginvestasikannya dengan mesin digital printing, pilihan yang tepat untuk pencetakan dalam jumlah yang lumayan banyak, nah apabila kita kebanjiran order, maka kita membutuhkan mesin yang dapat mencetak lebih banyak lagi, yaitu mesin cetak offset.

Untuk kualitas hasil cetakan digital printing dan mesin cetak offset adalah sama, tidak ada perbedaan yang signifikan. Oke semoga tulisan ini dapat bermanfaat buat teman2 semua.

Tulisan lainnya:
Peluang usaha sablon kaos distro
Peluang Bisnis yang cocok untuk mahasiswa
Epson L series terbaru printer untuk pengusaha cetak digital
Peluang usaha cetak digital modal kecil

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon